SEMINAR JARING MASUKAN DAERAH

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala mengadakan Seminar dengan tema Jaring Masukan Daerah Untuk Penyusunan Laporan Awal Opsional Protocol To The Convention On The Rights Of The Child On The Involvement Of Children In Armed Conflict, pada kamis 28 Mei 2015 di Ruang Auditorium FH Unsyiah. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama FH Unsyiah dengan Kementerian Luar Negreri dan beberapa instansi terkait lainnya seperti Kementerian Hukum dan HAM. Acara  ini di hadiri oleh narasumber-narasumber yaitu: Arry Ardanta Sigit Direktur Kerjasama HAM, Grata Endah Wendaning Tyas Kasubdit HAK Kelompok Rentan, Maydian Werdiastuti Asisten Deputi Penanganan Masalah Sosial Anak, Ardiansyah Kadiv pada Kanwil Kemkumham Aceh, dan Zulfikar Muhammad Perwakilan NGO HAM Aceh.

Grata Endah Wendaning Tyas mengatakan, “untuk melaksanakan hal ini pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, pemerintah memerlukan bantuan dari masyarakat untuk merealisasikannya”. Beliau juga menambahkan, “hal ini merupakan instrument tambahan yang paling cepat untuk dirativikasi oleh Negara”.

Setiap narasumber diberikan waktu lebih kurang 15 menit untuk memaparkan hasil dan rencana-rencana apa yang akan mereka lakukan dikemudian hari berdasarkan instansi-instansi masing-masing,  kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta seminar. Acara yang dipandu oleh Prof. DR. Adwani, S.H., M.Hum. mendapat antusias yang cukup banyak bukan hanya dari para tamu undangan tapi juga para audien seperti: Akademisi, Aktivis, Mahasiswa, Lembaga-lembaga pemerintahan, Elemen-elemen penting masyarakat dan instanasi terkain lainnya.