Seminar Pasar Modal dan Peluang Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah, Forum Komunikasi Aneuk Hukoem (For-KAH) menyelengarakan “Seminar Pasar Modal Dan Peluang Mahasiswa” pada tanggal 17 September 2015 di Aula Fakultas Hukum Unsyiah. Acara seminar tersebut bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Banda Aceh, Melissa (BNI Securities) Banda Aceh dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Aceh. Acara ini turut juga menghadirkan pemateri Bapak Thasrif Murhadi (Bursa Efek Indonesia Perwakilan Banda Aceh), Bapak Rahmad Hidayah (Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Aceh), Bapak Mustakim, S.H., M.Hum. (FH Unsyiah) dan dimoderatori oleh Bapak M. Putra Iqbal, S.H., LLM. (FH Unsyiah).


Bapak Thasrif Murhadi mengemukakan bahwa pasar modal adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu. Pasar modal bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah. Lebih lanjut ia juga menambahkan bahwa Pasar modal juga bertujuan untuk menggerakkan roda ekonomi dari pihak swasta. Biasanya terdapat suatu lokasi pusat, setidaknya untuk catatan, namun perdagangan kini semakin sedikit dikaitkan dengan tempat seperti itu, karena pasar modal modern kini adalah jaringan elektronik, yang memberikan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Karena pihak-pihak yang bertransaksi tidak perlu saling tahu lawan transaksinya. Menurut beliau sangat banyak keuntungan apabila bermain pasar modal, karena tidak harus dengan uang cash lalu membuat sebuah usaha, namun dengan sebuah modal lalu di investasikan dipasar modal menjadi suatu metode baru yang moderen dalam dunia usaha. Pasar Modal merupakan sarana yang tepat yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengeksplor hasrat mahasiswa yan tinggi dalam dunia bisnis. Dan lagi pasar modal dapat pula menjadi media pelatihan mahasiswa untuk bersiap-siap menghadapi dunia usaha.


Senada dengan itu, Bapak Rahmad Hidayah (Pemateri Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Aceh) melihat bahwa saat ini untuk melakukan kegiatan pasar modal tidak perlu khawatir, karena OJK memiliki kewenang penuh atas pengawasan terhadap seluruh transaksi keuangan termasuk transaksi dalam Pasar Modal.
Akademisi Unsyiah yang hadir pada acara ini menyambut positif tentang pasar modal, karena pasar modal merupakan suatu kegiatan usaha yang legal di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995 tentang pasar modal. Pihak BNI Securities Banda Aceh yang diwakili oleh Ibu melisa, memberikan coaching clinic teknis bermain Pasar modal. Sehubungan dengan acara seminar ini, pada tanggal 17-18 September 2015 juga diadakan expo pasar modal di area Lobby Fakultas Hukum Unsyiah.
UKM For-KAH mengharapkan para mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah setelah acara ini agar dapat lebih berwawasan dan lebih kritis terhadap pasar modal serta tertarik terlibat aktif dalam dunia pasar modal.