Sidang Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU)

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Pusat menggelar sidang lanjutan dugaan pelanggaran pada tender proyek pembangunan terminal kontainer CT3 Pelabuhan Sabang, pada Rabu 18 November 2015 di Ruang Moot Court Fakultas Hukum Unsyiah. Pada kasus tersebut diduga telah terjadi persekongkolan antara Satuan Kerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS) Sabang dengan PT Andesmont Sakti (terlapor 1) sebagai perusahaan yang berhasil memenangkan proyek tersebut. Persekongkolan dalam dunia usaha melanggar Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 tahun 1999 tentang Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat.

Persidangan dipimpin oleh Ketua Majelis Komisi, R, Kurnia Sya’ranie, dan Anggota Komisi Munrokhim Misanam dan Tresna P. Soemardi. Adapun agenda sidang mendengarkan keterangan saksi, diantaranya: Fauzal Adly (Inspektorat Aceh), Mansyursyah (PT Andesmont Sakti), Syahriful (Bank Mandiri) dan perwakilan PT Waskita Karya.

Kegiatan tersebut merupakan kali pertama diadakan di FH Unsyiah, dan diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang bermanfaat sebagai pembelajaran bagi staf pengajar dan mahasiswa FH Unsyiah.