Delegasi Fakultas Hukum Unsyiah Sukses Menjuarai Lomba Debat Hukum Regional Sumatera Di UIN SU

Sumatera Utara - Delegasi Fakultas Hukum dari Tim A Fakultas Hukum Unsyiah Berhasil menjadi juara satu dalam lomba Debat Hukum Mahasiswa Regional Sumatera. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN SU dan kegiatan ini merupakan bagian dari Forum dakwah fakultas hukum se-indonesia (Fordafhi). Acara debat ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 04 hingga 05 April 2016 di Fakultas Syariah dan Hukum UIN SU. Delegasi Tim A Fakultas Hukum Unsyiah berhasil menjadi juara dengan mengalahkan beberapa delegasi dari universitas lainnya yang mengikuti perlombaan ini.

Kejuaraan Lomba Debat Hukum Regional Sumatera ini diikuti oleh Enam Belas Tim dari Sembilan Universitas terkemuka yang ada di Sumatera. Universitas yang mengikuti lomba debat ini antara lain adalah Universitas Syiah Kuala, Uin Ar-Ranirry, Iain Cot Kala, Universitas Sumatra Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Prima, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Muhammadiah Sumatra Utara, dan Uin Sumatra Utara. Pada perlombaan ini Fakultas Hukum Unsyiah mengirimkan dua tim terbaiknya, yaitu dari Tim A FH Unsyiah yang beranggotakan M. Nahyan Zulfikar, Rezki Fauzi dan Syamsul Bahri, serta Tim B FH Unsyiah yang beranggotakan Muhammad Irsan, Cut Aja Mawaddah Rahmah dan Maman Abdullah.

Penyisihan Grup Tim A FH Unsyiah berhasil menjuarai grup dengan mendapatkan point penuh tanpa mengalami kekalahan sedangkan Tim B Fh Unsyiah harus menerima kekalahan dan tidak lewat di fase grup karna hanya menang satu kali. Setelah lolos di fase grup Tim A FH Unsyiah berjumpa dengan Uin SU dengan mosi perdebatan Pembangkit listrik tenaga nuklir di indonesia, Alhamdulillah Tim A FH Unsyiah menang dan melaju ke final bertemu dengan Universitas Muhammadiah Sumatera Utara dengan mosi perdebatan Calon Presiden Independen. Alhamdulillah Tim A FH Unsyiah menang dengan mendapatkan dukungan dua dewanjuri dari tiga dewanjuri sedangkan Umsu mendapatkan dukungan satu dewanjuri dari tiga dewan juri.
Selaku Ketua Delegasi Debat FH Unsyiah, M. Nahyan Zulfikar mengucapkan terima kasih kepada pihak kedekanan yang sudah mendukung dan membantu tim debat FH Unsyiah dari awal hingga akhir kompetisi debat ini berlangsung. Kata- kata terakhir kami Man jadda wajada “siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya”.