Seminar Islam dan Hukum Humaniter Internasional

Fakultas Hukum menjadi tuan rumah pada pelaksanaan seminar nasional tanggal 29 Agustus 2017 kemarin. Seminar yang berjudul Islam dan Hukum Humaniter ini dilaksanakan kerjasama antara ICRC Jakarta dengan Pusat Studi Hukum Humaniter dan Pengungsi Universitas Syiah Kuala. Seminar ini di buka oleh Ketua Pusat Studi Hukum Humaniter dan Pengungsi Prof. Dr. Adwani, S.H., M.Hum, Rina Usman Legal Advisor ICRC dan Wakil Rektor Unsyiah Prof. Dr. Husni Jalil, S.H., M.Hum.

Pada pembukaan Ketua Pusat Studi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya seminar yang dianggap sangat penting, mengingat Aceh memiliki historis perjuangan /perang melawan penjajahan Belanda dengan menerapkan nilai Islam yang merupakan hukum adat bagi masyarakat Aceh. Hal ini menjadikan alasan tepat bagi terlaksananya seminar Islam dan Hukum Humaniter ini di Fakultas Hukum Darussalam Banda Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari legal advisor ICRC dan pembukaan oleh Rektor.

Ketua Panitia Nellyana Roesa, S.H., LLM. menyebutkan panitia pelaksana pada kegiatan ini antara lain Enzus Tinianus, S.H., M.H. sebagai sekretaris, Rosmawati, S.H., M.H. sebagai bendahara, Indah, S.H. sebagai MC, Safnan, S.H. sebagai Notulen, Andi, S.H. sebagai Dokumentasi dan Rafdi Siddik, S.H. sebagai Operator. Kegiatan ini berkoordinasi dengan pak Yoyok dari ICRC dan pimpinan Fakultas Hukum Unsyiah Prof. Dr. Ilyas, SH., M.H.

Peserta seminar berjumlah 140 orang yang terdiri dari berbagai strata pendidikan, daerah dan negara. Seperti mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen Fakultas Hukum, serta undangan dari berbagai daerah di luar Aceh seperti dari Jambi, Padang, Jogja, Jakarta dan dari luar negeri seperti dari Bangladesh, Jepang, Thailand dan Malaysia.

Pada puncak acara seminar pembicara yang juga merupakan pembicara Asing (Pakistan) menyampaikan materi terkait dengan Islam. Humaniter dan Tranational Criminal, selanjutnya pembicara ke dua menyampaikan terkait hikayat perang Sabi. Pelaksanaan seminar setengah hari di Aula Fakultas Hukum dan berjalan dengan lancar.