FH Unsyiah Luncurkan Modul Penggunaan Video Conference

 

FH Unsyiah luncurkan Modul Penggunaan Video Conference untuk menjawab tantangan di masa COVID-19 seperti sekarang dan masa depan. Hal ini sejalan dengan visi FH Unsyiah untuk “Menjadi Fakultas Hukum Terkemuka di Tingkat Nasional dan Regional pada Tahun 2022”.

Penulisan modul yang dilakukan oleh salah seorang dosen FH Unsyiah, Khairil Akbar tidak lain merupakan program yang sejalan dengan misi “Menerapkan manajemen mutu terpadu dibidang pendidikan melalui penerapan prinsip transparansi, partisipatif, efisien, dan produktif”.

Di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda, modul yang merupakan bagian dari outpute Aktualisasi Khairil Akbar tersebut dapat digunakan tidak hanya dalam perkuliahan daring, juga untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan lain yang memanfaatkan aplikasi video conference.

Dr. M. Aiyub Ya’kub Kadir selaku Ketua Satuan Jaminan Mutu Fakultas Hukum Unsyiah mengatakan bahwa program tersebut sangat relevan, terlabih di masa COVID-19 ini. “FH Unsyiah sejak awal ingin mutu pendidikannya terus meningkat. Sekalipun di tengah wabah Corona, peningkatan mutu harus terus diupayakan,” jelasnya.

“Nah, modul yang dibut oleh sdr. Khairil, tentu sangat berguna bagi dosen dan mahasiswa nantinya. Modul itu sendiri adalah output akhir dari aktualisasi Khairil. Sedangkan sebelumnya, Khairil sudah menyelenggarakan Webinar Teknologi Pendidikan yang sangat berkualitas dan bermanfaat. Saya pikir, kita butuh kegiatan semacam itu walau kiranya sudah dirangkum oleh Khairil di dalam modulnya,” tutupnya.

Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., M.A selaku Wakil Dekan I turut mengapresiasi apa-apa yang sudah dikerjakan oleh Khairil dan rekan-rekannya sesama CPNS. “Modul yang dibuat oleh Khairil, Draft Kode Etik yang dibuat oleh Dedy Yuliansyah, serta SOP penyenggahan nilai yang ditulis oleh Anta Rini adalah bukti bahwa mereka bersungguh-sungguh dalam membangun fakultas untuk masa yang akan datang,” tuturnya.

    

 

Modul Penggunaan Video Conference ini sendiri terdiri dari lima bab yang di antara ulasannya adalah tentang kebijakan di bidang teknologi pendidikan, arah dan perkembangan, masalah di lapangan, macam-macam aplikasi video conference, cara penggunaan.

Selain itu, modul tersebut juga mengulas beberapa hal terkait dengan tips dan trik agar perkuliahan daring yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, efektif, dan tentunya efisien. Di antara materinya adalah pembuatan bahan atau materi ajar yang sederhana, pembuatan quiz, hingga model gamification yang dapat dilakukan di tengah-tengah video conference.

Modul dapat di unduh disini