FH Unsyiah Tingkatkan Mutu Melalui Pemanfaatan Teknologi.

 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah) terus meningkatkan layanan dan mutu pendidikan untuk mencapai visinya “Menjadi Fakultas Hukum Terkemuka di Tingkat Nasional dan Regional pada Tahun 2022”.

Di tengah wabah COVID-19 yang melanda dunia, FH Unsyiah terus mencari cara agar pelayanan yang diberikan tidak menjadi sumber dari penyebaran COVID-19. Protokol Kesehatan yang ketat hingga perkuliahan jarak jauh menjadi bagian dari upaya memberi pelayanan kepada civitas akademika dan warga kampus pada umumnya.

Setelah mengadakan Webinar Teknologi Pendidikan, 25 Agustus 2020 lalu, FH Unsyiah juga menyelenggarakan Bimbingan Teknis penggunaan e-learning yang digelar dua gelombang, 24 Agustus dan 4 Sptember 2020. Kedua kegiatan ini dilakukan secara daring dengan memanfaatkan zoom dan google meet sebagai bentuk pencegahan terhadap penyeberan virus Corona.

“Namun, acara semacam ini dilakukan bukan sekadar untuk masa seperti sekarang, ke depan kiranya teknologi memang menjadi bagian yang mustahil dipisahkan dari pendidikan, termasuk di Prodi Sarjana Hukum Fakultas Hukuum Unsyiah,” kata Dr. Muazzin, S.H., M.H selaku Koordinator Program Studi Sarjana Hukum Fakultas Hukum Unsyiah.

“Berhubung yang kita lakukan berkenaan dengan teknologi pendidikan, maka pemanfaatan teknologi itu kita terapkan saja secara langsung dalam webinar yang merupakan bagian aktualisasi salah seorang dosen kita di FH dan bimbingan teknis yang telah kita selenggarakan dalam dua gelombang,” tutupnya.

Secara terpisah, Wakil Dekan I FH Unysiah, Dr. Azhari Yahya, MCL., M.A menjelaskan bahwa FH Unsyiah sendiri sebenanrya telah memiliki ruang video conference yang kerap digunakan untuk seminar jarak jauh. “Mungkin kali ini penggunaan video conference dan aplikasi e-learning menjadi mendesak untuk dioptimalkan. Karenanya butuh penguatan dalam bidang ini,” imbuhnya.

Webinar Teknologi Pendidikan yang mengangkat tema “Penggunaan Video Conference dalam Perkuliahan Daring: Kebijakan, Implementasi, Arah, dan Perkembangannya” menghadirkan Dr. Zamzami Zainuddin dan Ida Ayu Kadek Trisnanty dari Hongkong University yang memang bergelut di dunia Teknologi Pendidikan.

Selain itu, Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., M.A dan Dr. M. Ya’kub Aiyub Kadir dari FH Unsyiah turut mengisi acara dan mengupas sisi implementasi dan kebijakan penggunaan video conference di pegururan tinggi, khususnya di FH Unsyiah.

Adapun Bimbingan Teknis Implementasi Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Prodi Sarjana Hukum yang digelar dalam dua gelombang diisi oleh Dr. Ismul Huda,M.Si (dua gelombang), Annifa Iqramitha, S.TI (gelombang I), dan dibuka oleh Dr. Azhari, S.H., MCL., M.A.