Perpustakaan

Sarana dan prasarana yang dimiliki Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah cukup memadai, salah satu unit pelaksana teknis Fakultas Hukum universitas syiah kuala adalah perpustakaan. Perpustakaan mempunyai kewajiban untuk mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, guna menyelaraskan kebutuhan pemustaka terhadap informasi yang ingin didapatkannya dengan layanan prima.

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala memiliki koleksi yang terdiri dari buku teks, Tugas Akhir mahasiswa (Skripsi, Thesis, Desertasi), majalah, hasil penelitian, koleksi referensi diataranya buku terbitan pemerintah dan terbitan-terbitan berkala seperti jurnal ilmiah.  Anggota terdiri dari mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Hukum, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Studi Magister Kenotariatan, Program Studi Doktor Ilmu Hukum, serta tenaga pendidik dan kependidikan.

Dengan bertambahnya terbitan/koleksi dan jenis layanan yang terus meningkat pada tahun 2017 perpustakaan Fakultas Hukum mulai mengembangkan perpustakaannya yang sebelumnya menggunakan sistem manual menjadi perpustakaan terautomasi dimana sistem layanan dan sistem informasi managemen perpustakaan menggunakan bantuan teknologi informasi.  Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan yaitu pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik, dan sebagainya.

Dalam pengembangannya perpustakaan Fakultas Hukum unsyiah terus menerus berusaha meningkatkan layanannya dimana sebelumnya perpustakaan hanya dapat diakses secara local area network (LAN) namun sejak tahun 2019 pemustaka dapat mengakses data dan informasi bahan pustaka perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala tanpa batasan waktu dan ruang melalui http://lib.fh.unsyiah.ac.id/ melalui website ini pemustaka dapat mengakses semua koleksi yang tersedia di perpustakaan baik berupa buku teks, jurnal tercetak, tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi) proseding dan lain-lain.

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala memiliki komitmen untuk terus berkembang dan diharapkan dalam waktu dekat perpustakaan akan menerapkan perpanjangan koleksi secara mandiri sehingga pemustaka tidak harus datang ke perpustakaan untuk melakukan perpanjangan koleksi dan dapat melakukan perpanjangan dimanapun dan kapan pun.

Perpustakaan juga memiliki local content berupa tugas akhir dalam format digital yang disimpan dalam institutional repository perpustakaan Fakultas Hukum agar koleksi tersebut dapat terdokumentasi dengan baik.

Local content berupa tugas akhir dapat di akses melalui https://estd.fh.unsyiah.ac.id/, pemustaka dapat mengakses secara terbuka karya-karya intelektual yang dihasilkan oleh sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, sehingga informasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, selain itu hasil penelitian yang bermanfaat atau memiliki implikasi terhadap orang banyak dapat diakses dan dimanfaatkan informasinya secara terbuka.

Kemampuan temu kembali dalam bentuk penelusuran (search) tentunya akan mampu meningkatkan kegunaan dan mempermudah pemustaka untuk mengakses learning resources ini dari mana saja dan kapan saja, sehingga memberikan kemudahan dalam mempersiapkan proses pembelajaran di kelas secara tatap muka maupun daring, karena setiap pemustaka dapat secara bersamaan menggunakan koleksi local content ini untuk dibaca tanpa harus menunggu koleksi tersebut dikembalikan ke rak koleksi.

A. Ragam Jenis Koleksi Perpustakaan Fakultas Hukum Unsyiah

  • Buku teks (dipinjamkan) terdiri dari buku-buku teks mengenai ilmu hukum baik berbahasa Indonesia maupun Inggris.
  • Buku referensi yang terdiri dari kamus, handbook, ensiklopedi, lembaran negara/daerah, terbitan pemerintah, local content, proseding.
  • Koleksi buku on reserve yang terdiri dari buku teks (copi 1)
  • Disertasi, tesis, skripsi dan laporan hasil penelitian
  • Koleksi terbitan berkala seperti jurnal dan majalah

B. Layanan Perpustakaan Fakultas Hukum Unsyiah

  • Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala menggunakan system layanan terbuka (Open Access), system layanan ini memberikan kebebasan akses kepada pemustaka untuk menemukan sendiri koleksi atau informasi yang dibutuhkan.  Perpustakaan juga menyediakan komputer untuk memberikan kemudahan kepada pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi melalui katalog online.
  • Wifi gratis yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka dalam mencari informasi
  • Pemustaka dapat melakukan penelusuran melalui http://lib.fh.unsyiah.ac.id/ dan https://estd.fh.unsyiah.ac.id/ untuk melihat koleksi apa saja yang tersedia pada perpustakaan.

C. Tata Tertib Perpustakaan

  • Jam layanan pada pukul 09.00 Wib s.d. 12.00 Wib dan 14.00 Wib s.d. 16.00 Wib pada setiap hari kerja;
  • Penggunaan fasilitas perpustakaan untuk kepentingan akademis;
  • Tidak boleh mencoret, menggunting, menyobek dan melipat semua koleksi perpustakaan;
  • Tidak boleh membawa buku selain koleksi perpustakaan dalam ruangan;
  • Dilarang memfotocopy skripsi, thesis maupun disertasi;
  • Koleksi perpustakaan yang telah dibaca diletakkan di atas meja;
  • Berpakaian rapi dan bersepatu.

D. Peminjaman

  • Koleksi yang boleh dipinjam adalah buku teks;
  • Bagi anggota perpustakaan Fakultas Hukum jumlah buku yang boleh dipinjam sebanyak 4 (empat) judul selama 14 (empat belas) hari;
  • Perpanjangan koleksi dapat dilakukan selama I kali masa peminjaman (14 hari);
  • Koleksi Referensi hanya boleh baca di tempat dan tidak dapat difotocopy;
  • Koleksi tandon (on reserve) hanya boleh digunakan apabila eksamplar yang sama sudah tidak tersedia. Koleksi tandon (on reserve) hanya boleh dibaca di tempat dan dapat difotocopy jika diperlukan;
  • Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Merusak/menghilangkan buku pustaka yang dipinjam diwajibkan mengganti buku yang sama/subjek yang sama.

E. Keanggotaan

Anggota Perpustakaan Fakultas Hukum Unsyiah adalah mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dari berbagai tingkatan akademis, Si Ilmu Hukum Magister Ilmu Hukumm Magister Kenotariatan dan Program Doktor Ilmu Hukum.

Anggota perpustakaan dapat menggunakan fasilitas yang tersedia pada perpustakaan setelah melakukan check in pada counter check in dengan menggunakan Kartu Mahasiswa, sementara pengunjung umum dapat mengunjungi perpustakaan Fakultas Hukum dengan menggunakan kartu identitas lainnya.

F. Pembuatan Bebas Pustaka

  • Bebas dari peminjaman;
  • Menyerahkan tugas akhir dan Softcopy (CD) dalam Format PDF;
  • Menyumbangkan satu eksemplar buku teks khusus Ilmu Hukum dengan ketentuan sbb:

– Minimal terbitan 5 (lima) tahun terakhir;
– Merupakan terbitan/cetakan asli dari penerbit, bukan cetak ulang hasil fotocopy;
– Tidak berupa peraturan perundang-undangan dan sejenisnya; dan
– Bukan buku terbitan Lembaga Negara/Institusi Pemerintahan.
– Buku yang disumbangkan relevan dengan tugas akhir.

Perpustakaan online dapat di akses di sini