DEKAN

 

 

Dr. M. Gaussyah, S.H., M.H.
Dekan 

M.Gaussyah, lahir di Banda Aceh pada tanggal 20 Desember 1974, menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, menyelesaikan Magister di Universitas Padjajaran, dan Program Doktor di Universitas Indonesia. Menjabat sebagai dosen di Fakultas Hukum Unsyiah sejak 1 Maret 1999 di bidang konstitusi. Aktif di beberapa lembaga penelitian dan penelitian, antara lain Pusat Kajian Ilmu Kepolisian Unsyiah dan Tim Ahli Polri di bidang Reformasi Birokrasi Polri. Sebagai konsultan penelitian pengembangan Indeks Tata Kelola Kepolisian bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Banyak publikasi terkait isu kepolisian dan HAM diterbitkan dalam Jurnal dan buku.

 

 

 

 

 

 

WAKIL DEKAN

 

 

 

Dr. Ilyas, S.H., M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Akademik 

Ilyas, lahir di Meureudu pada tanggal 5 April 1965. Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Unsyiah pada tahun 1990. Menjadi dosen di Fakultas Hukum Unsyiah pada tahun 1991. Sejarah Sekolah Dasar SD Negeri 13 Banda Aceh 1977, SMP Negeri 3 Banda Banda Aceh ( 1981), SMA Negeri 2 Banda Aceh (1984), Menyelesaikan Program Magister di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2000 dan PhD di Universitas Syiah Kuala pada tahun 2018. Pernah menjadi sekretaris pejabat hukum dasar di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, menjadi sekretaris program pascasarjana ekstensi , menjadi ketua program nonreguler. dan juga kepala departemen hukum perdata. Dan sekarang sebagai pengajar program pascasarjana (S1), Program Magister (S2) dan Program PhD (S3) di Fakultas Hukum Unsyiah.

 

 

 

Dr. Sri Walny Rahayu, S.H., M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan 

Sri Walny Rahayu adalah Doktor Ilmu Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah), Banda Aceh, Provinsi Aceh – Indonesia, sejak 1 Maret 1994 dengan pengangkatan gelar sarjana hukum di bidang Hukum Dagang. Associate Professor sejak 1 Oktober 2005. Pangkat dan jabatan saya adalah Dosen Kepala/Penasihat Utama Muda/IV/C. Saat ini saya ditugaskan sebagai dosen home base di Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKN) FH Unsyiah. Saya menyelesaikan program sarjana pada tahun 1993, di FH Unsyiah jurusan Hukum Dagang. Judul Skripsi “Tinjauan Hukum Perum Telekomunikasi Menjadi PT. Pesero Telkom Indonesia”. Saya menyelesaikan Magister Hukum (S2) dan mendapatkan gelar (M.Hum), Jurusan Hukum Bisnis pada tahun 2000 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung (FH UNPAD-Bandung), Penelitian Skripsi berjudul “Perlindungan Hak Ekonomi Pencipta Musik dan Lagu di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1997 terkait Perjanjian TRIPs-WTO.Doktor Hukum(DR), bidang hukum bisnis, diselesaikan di Fakultas Hukum UNPAD Bandung pada tahun 2014. My disertasi “Penyelesaian Sengketa Bisnis Kelautan Terkait Dengan Masyarakat Adat Panglima Laôt Sebagai Upaya Pengembangan Alternatif Penyelesaian Sengketa Dalam Sistem Hukum Indonesia” Pengalaman bekerja sebagai Ketua Pusat Studi Gender Unsyiah Tahun 2004-2010 Sebagai Sekretaris Fakultas Penjaminan Mutu Fakultas Unit (SJMF) 2014-2015. Selaku Sekretaris Program Studi MKn FH Unsyiah, 2016-2017. Ketua Senat FH Unsyiah Tahun 2018 – sampai sekarang. Saya juga melakukan penelitian, penulisan, dan pemateri di bidang Bisnis Hukum, termasuk IP R. Hukum Perlindungan Konsumen, Alternatif Penyelesaian Sengketa, Hukum Adat, Penilaian Gender dan Perlindungan Anak.

 

 

 

Syamsul Bahri, SHI., M.A.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni 

Syamsul lulus dari Fakultas Syariah Institut Islam Negeri Ar Raniry, Banda Aceh pada tahun 2002, jurusan hukum keluarga Islam pada tahun 2002. Pada tahun 2005, ia mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan magister Ilmu Agama Islam di Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta, konsentrasi Pemikiran Hukum Islam. Saat ini menjabat di Jurusan Hukum Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Bidang minat dan penelitian yang dilakukan adalah Hukum Islam, Hukum Adat, dan Hukum Waris. Ia mengajar mata kuliah Hukum Islam, Hukum Adat, Hukum Acara Privat dan Hukum Waris.

 

 

 

 

 

KOORDINATOR PROGRAM STUDI

 

Dr. Muazzin, S.H., M.H.
Koordinator Program Studi S-1 Ilmu Hukum

Dosen Jurusan Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini menyelesaikan program sarjana di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Program Magister Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung dengan Program Studi utama Hukum Lingkungan Internasional. Pada tahun 2016, menyelesaikan Program Doktor Ilmu Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung dengan konsentrasi Hukum Lingkungan Internasional dan Perubahan Iklim. Selain mengajar mata kuliah dalam lingkup kajian Hukum Internasional, seperti Hukum Internasional, Hukum Laut Internasional, Hukum Organisasi Internasional, dan Hukum Lingkungan Internasional, juga aktif sebagai reviewer di Jurnal KANUN Fakultas Hukum Fakultas Hukum Syiah. Universitas Kuala dan Jurnal Hukum Syiah Kuala Program Magister Hukum.

 

 

Dr. Effendi, S.H., M.Si
Koordinator Program Studi S-2 Magister Ilmu Hukum

Doktor Hukum Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. Dengan riwayat pendidikan:

1. Sarjana Hukum, Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Tahun 1992

2. Magister Sains, Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1998.

3. Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang Tahun 2014

Saat ini menduduki jabatan fungsional Kepala Lektor dengan Pangkat / Kelompok Pembimbing Utama / IV C

Materi yang dibahas hari ini antara lain: Pengantar Ilmu Hukum, Hukum Tata Negara, Hukum Lingkungan, Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam, Hukum Pertambangan, Hukum Perizinan, Hukum dan Hukum Politik.

 

Dr. Darmawan, S.H., M.Hum.
Koordinator Program Studi S-2 Magister Kenotariatan

Darmawan. Lahir di Simpang Tiga pada 25 Mei 1962. anak kelima dari pasangan Abdurahman (almarhum) dan Dairah. Penulis menikah dengan Hulliyah pada tahun 1991 dan dikaruniai empat orang anak dari tiga laki-laki dan satu perempuan: Sukhrian muhda, Syahran yasri, Sharfan Rifki, Syafitri Naila. Penulis telah mengenyam pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan SD Negri 1 sp.tiga dan tamat tahun 1975. tamat SMP tahun 1979. dan Lulus SLTA Tahun 1982 selesai di ibukota Takengon. Pendidikan Tinggi (Sarjana Hukum) ditempuh di fakultas hukum Universitas Syiah kuala Banda Aceh dan Lulus Tahun 1987. Kemudian menyelesaikan gelar Magister Hukum (M.Hum) di Universitas Sumatera Utara Medan lulus tahun 1995. Sejak tahun 2012 sampai sekarang menempuh pendidikan S – 3 di TPs USU Medan.

 

 

Prof. Dr. Husni, S.H., M.Hum. 
Koordinator Program Studi S-3 Doktor Ilmu Hukum

Husni Jalil lahir di Laweung, 10 Agustus 1962. Meraih gelar Sarjana Hukum Perdata pada Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (1986). Pada tahun 1995 menyelesaikan studinya di Program Magister Hukum (Strata 2) Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung mengambil bidang Hukum Tata Negara. Kemudian pada tahun 2004 menyelesaikan studi (S3) pada program studi Hukum Universitas Padjadjaran Bandung, konsentrasi Hukum Tata Negara. Diangkat sebagai PNS pada tahun 1990, Penddikan Sarjana Hukum pada tahun 1987, menyelesaikan Magister Ilmu Hukum di PPS Unpad Bandung 1955 dan menyelesaikan S3 Ilmu Hukum di PPs Unpad Bandung pada tahun 2004.

 

 

Ketua Bagian

 

Khairani, S.H., M.Hum.
Ketua Bagian Hukum Perdata

Khairani, Dosen Jurusan Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala yang menguasai Hukum Dagang. Setelah lulus SD, SMP dan SMA di Aceh Utara pada tahun 1986, ia melanjutkan studi S1 ​​di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, dan memperoleh gelar Magister di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara pada tahun 1997. Sejak pengangkatannya menjadi dosen pada tahun 1993, selain mengajar dan menjalankan berbagai penelitian akademik, ia juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan hak asasi manusia dan hak-hak perempuan serta menjadi nara sumber dalam berbagai pertemuan dan forum yang berkaitan dengan kemanusiaan. HAM dan isu hak perempuan baik di tingkat lokal, nasional maupun di kawasan Asia Pasifik. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sejak tahun 2007 aktif menjadi trainer pada beberapa pelatihan komunitas, seperti pelatihan paralegal, pelatihan HAM dan HAM, termasuk penyusunan modul dan panduan pelatihan. Sejak tahun 2009 menjadi Ketua Pusat Kajian Hak Asasi Manusia Universitas Syiah Kuala.

 

Tarmizi, S.H., M.Hum.
Ketua Bagian Hukum Pidana

Tarmizi, SH., MHum, lahir di Aceh Besar pada 17 Juli 1967. Menyelesaikan sarjana hukum di fakultas hukum syiah kuala jurusan hukum pidana pada tahun 1992, mengajar hukum pidana, acara peradilan pidana, tindak pidana umum, hukum perlindungan anak, seleksi hukum Kriminal. Menyelesaikan pendidikan S2 di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung dengan monografi skripsi dengan judul Perlindungan Hak Anak di Jawa Barat, setelah selesai pada tahun 2002 diangkat sebagai dosen pada tahun 1993 di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dan baru-baru ini ia bertanggung jawab atas Departemen Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

 

 

 

M. Zuhri, S.H., M.H.
Ketua Bagian Hukum Tata Negara

M. Zuhri, SH, MH Lahir di Tijue 13 April 1968. Saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum Tata Negara. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Unsyiah Banda Aceh pada tahun 1991, pada tahun 1999 menyelesaikan Magister Hukum di PPS UNAIR di Surabaya. Sejak 1 Februari 1994 sampai sekarang diangkat sebagai dosen Fakultas Hukum Unsyiah untuk mata kuliah Hukum Tata Negara. Saat ini mengajar mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan pada bagian Hukum Tata Negara, Hukum Tata Negara dan Hukum Pemerintah Daerah. Selain kegiatan akademik, saat ini saya bekerja sebagai Konsultan Hukum Walikota Banda Aceh serta Legal Drafter untuk beberapa peraturan daerah (Qanun) baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten Aceh. Saya telah berpengalaman bekerja dengan GTZ Jerman untuk penyusunan peraturan daerah tentang masalah kesehatan (Qanun Kesehatan Aceh) di bawah Program Pemerintah Daerah Aceh II (ALGAP-II) pada tahun 2008. Saya juga bekerja sebagai Konsultan Legal Drafter Paruh Waktu di Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan UGM pada tahun Bantuan Teknis Kepada RS Dr.Zainal Abidin Dalam Penyusunan Qanun Untuk Memenuhi Persyaratan Status BLU Tahun 2006 . Sebagai bagian dari studi banding dengan GTZ, saya telah mengunjungi Komisi Uni Eropa di Brussel, Belgia, untuk mempelajari pekerjaan, fungsi, dan wewenang mereka. Saya juga pernah ke Bundestaag (Parlemen Jerman) dan Bundesraat (Senat Jerman) tahun 2009 di acara yang sama.

Dr. Suhaimi, S.H., M.Hum.
Ketua Bagian Hukum Administrasi Negara

Lahir di Jeunieb Th 1966, menamatkan Sekolah Dasar Neg. 1, SMP Neg.1 dan SMA Neg.1 yg ketiga-tiganya diselesaikan di Kota Juang Bireuen. Dengan berbekal ijazah tersebut melanjutkan Kuliah di FH Unsyiah Th 1985 dan selesai Th 1990. Th 1991 diangkat menjadi Dosen FH Unsyiah kemudian melanjutkan S2 pd PPs UNHAS Makassar Th1997 dan Program Doktor pd PPs UNPAD Th 2009. Selesai studi kembali mengabdi sebagai Dosen Tetap FH Unsyiah, baik di Program S1, S2 maupun S3 Ilmu Hukum, dan sejak Tahun 2010 hingga 2016 dipercayakan sebagai kepala UPT-MKU Unsyiah. Lahir di Jeunieb pada tahun 1966, menamatkan SD Negeri 1, SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 yang ketiganya diselesaikan di Kota Perjuangan Bireuen. Berbekal ijazah melanjutkan Kuliah di Fakultas Hukum Unsyiah tahun 1985 dan selesai tahun 1990. Pada tahun 1991 diangkat menjadi dosen Fakultas Hukum Unsyiah, kemudian melanjutkan S2 di PPs Universitas Hasanuddin Makassar tahun 1997 dan Program Doktor di PPs Universitas Padjadjaran pada tahun 2009. Selesai studi kembali menjabat sebagai Dosen Tetap Fakultas Hukum Unsyiah, baik di Program S1, S2 maupun Doktor Ilmu Hukum, dan dari tahun 2010 sampai dengan 2016 dipercaya sebagai ketua UPT-MKU Unsyiah

 

Dr. Sulaiman, S.H., M.Hum.
Ketua Bagian Hukum Kemasyarakatan

Sulaiman, lahir di Desa Teungoh Pante Raja, 2 April 1976. Pendidikan S1 ditempuh di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (2003). Pendidikan Magister Ilmu Hukum diselesaikan di Universitas Diponegoro (2010). Saat ini sedang menyelesaikan program doktor ilmu hukum di Universitas Diponegoro. Mengajar Kursus Hukum dan Masyarakat. Fokus pada penelitian hukum dan masyarakat, termasuk hukum dan kearifan lokal, hukum kelautan, dan hukum pengelolaan sumber daya alam. Penulisan skripsi yang berjudul “Analisis Sistem Pemerintahan Gampong Sosiologis Yuridis Di Aceh”. Skripsi dengan judul “Model Pengelolaan Perikanan Berbasis Hukum Adat Berorientasi Laut Kelestarian Lingkungan Hidup di Kabupaten Aceh Jaya”.

 

 

Rosmawati, S.H., M.H.
Ketua Bagian Hukum Internasional

Rosmawati lahir di Banda Aceh, 20 Oktober 1980. Menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala pada tahun 2004. Pada tahun 2005 diangkat sebagai dosen Hukum Universitas Syiah Kuala sebagai Pegawai Negeri Sipil. sampai diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil penuh. Pada tahun 2013, ia menyelesaikan studinya di Program Magister Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung dengan konsentrasi Hukum Internasional. Khususnya hukum penerbangan internasional di bidang Hukum Internasional. Baru-baru ini ia menjabat sebagai kepala bagian di departemen hukum internasional, peneliti dan penyedia layanan masyarakat di Fakultas Hukum, Universitas Syiah Kuala. Dia mengajar Hukum Internasional, Hukum Laut Internasional, Hukum Organisasi Internasional, Hukum Udara Internasional.